Sabtu, 30 Maret 2013

Budaya Indonesia dan Teknologi

Posted by Riva Limba | 03.50 Categories: , ,


Teknologi itu gak pernah luput dari keseharian manusia. Ya, benar. Gak pernah luput. Sekarang semuanya serba instan. Gini deh ya, masuknya teknologi di Indonesia itu sangat mempengaruhi kebudayaan yang ada di Indonesia sendiri guys. Namun demikian, di sisi lain ternyata perkembangan IT dapat berbahaya guys! Karena dikhawatirkan dengan begitu kencangnya aliran informasi tersebut dapat menyebabkan jati diri dan budaya bangsa ikut luluh lantak terbawa arus. Waduh!
Tapi iya sih, sekarang ini banyak khususnya kaum pelajar yang sering kali lupa waktu karena teknologi. Terutama soal game. Teknologi selalu menciptakan game-game baru yang seru buat para peminatnya.

Pelajar, ya kita ini, sangat kecanduan soal game ini. Yang awalnya cuma pengen maen bentaran, akhirnya sampe seharian. Lupa makan, lupa ibadah, lupa ngerjain pe-er, lupa mandi, bahkan sampe ada yang lupa buat ketemuan sama gebetannya karena maen game. Dan semua yang dilupakan itu berakhir dengan kesalahpahaman. Ada yang karena maen game diputusin sama pacarnya. Adaaa. Ada yang karena maen game di drop out dari sekolah atau kampusnya. Adaaa. Bahkan sampe ada yang meninggal dunia karena maen game. Ya. Game itu menimbukan kencaduan. Bukan cuma game aja, tapi teknologi yang ada saat ini, menimbulkan kecanduan akut.

Nah, pelajar yang lupa waktu karena game atau teknologi tadi, menjadi kurang minatnya terhadap budayanya sendiri. Sikap apatis muncul pada diri mereka. Sebagian dari mereka menganggap, budaya yang udah ada dari nenek moyang kita itu udah kuno, bukan jamannya lagi. Ayolahh guys, saat ini justru budaya kita itu yang dibutuhkan oleh dunia luar. Bangsa lain aja begitu memuja negara kita yang memiliki budaya yang beraneka ragam ini. Mereka bela-belain datang jauh-jauh cuma untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang budaya kita. Apa gak malu tuh? Kita si empunya nya malah acuh tak acuh sama budaya sendiri. Setidaknya kita tau, tau menau soal budaya, jadi kalo ditanya kita bisa jawab. Kalo gabisa jawab, siapa yang malu? Ya diri kita sendiri.

Sebenernya tergantung cerdas atau tidaknya kita dalam menggunakan teknologi nih guys. Iya tergantung kita. Kalo kita cerdas, teknologi informasi ini sebernya bisa dimanfaatin buat promosi budaya kita ke negara lain. Ya tentunya dengan bantuan social network semacam; facebook, twitter dan pastinya, Blog. Sebagian anak bangsa sudah melakukan hal ini. Ya. Sebenernya tujuan dibuatnya teknologi informasi itu kan untuk mempermudah kan? Jadi seharusnya kita bisa memanfaatkannya dengan baik dong. Ayodong! Jangan takut untuk bertindak baik. dengan adanya anak bangsa yang memiliki ‘kesadaran’ akan budaya indonesia, Budaya kita tidak akan kalah saing dengan teknologi. Percaya(:

0 komentar:

Posting Komentar

Gaia 10 - Link
Cybercafe 13. Diberdayakan oleh Blogger.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube