Jumat, 29 Maret 2013

Kelemahan IT di Indonesia

Posted by Riva Limba | 18.16 Categories: , ,


Guys, did you know? Indonesia ini merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang belum bisa mengimplementasikan jaringan 4G secara komersil. Banyak pihak yang sebenarnya ingin sekali menjalankan secepatnya.

Kenapa banyak pihak yang ingin segera meluncurkan layanan jaringan 4G? Gini guys, jaringan layanan 3G yang saat ini dimiliki masih sangat terbatas, dalam hal frekuensi yang akhirnya membuat aplikasi yang populer justru aplikasi yang memiliki intensitas konsumsi data lebih rendah dan menurunkan revenue dari akses data. Dengan tibanya layanan jaringan 4G, diharapkan revenue akan terus naik.

Isu frekuensi ini sangat amat penting nih! Karena, perangkat yang berkemampuan LTE biasanya terhubung ke frekuensi tertentu. Meskipun adopsi 4G LTE sangatlah penting untuk menunjuang industri, hal ini harus dilakukan dengan benar dan didukung oleh semua pihak yang terlibat, guys. Industri dan pemerintah kita harus belajar dari kegagalan sebelumnya, yaitu WiMAX.

Selain 4G LTE, adalagi yang kalian tau dari lemahnya IT di Indonesia?
Tentu! Saat ini Indonesia masih kekurangan ahli di bidang IT. Jika dulu banyak sekali orang-orang yang dengan senang hati berpartisipasi dalam bidang ini, namun sekarang minat dari anak bangsa sendiri sangatlah kurang. Anak jaman sekarang ini hanya ingin menggunakan fasilitasnya aja, tanpa ada rasa ingin tau lebih cara menciptakan atau membuat yang baru. Jujur, kalo saya sih dari dulu emang pengen banget bisa menciptakan alat yang bisa merekam apa aja yang kita lihat. Yak. Itu kedengeran keren abis. Sebenernya yang membuat minat anak bangsa sendiri kurang adalah spesifikasi yang jelas dari bidang IT. Beda sama dokter, yang punya spesifikasi yang jelas. Dan tentunya, kurangnya beasiswa di bidang IT sendiri.

Nah, gimana tuh? Indonesia masih banyak lemahnya di bidang IT. Yang paling penting sih sumber daya manusianya dulu menurut saya. Karena, dari ide-ide manusia hebat ini lah akan tercipta sebuah teknologi canggih kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Gaia 10 - Link
Cybercafe 13. Diberdayakan oleh Blogger.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube