Jumat, 29 Maret 2013

Perkembangan IT di Indonesia

Posted by Riva Limba | 18.15 Categories: , ,


Owkeyy, kita masuk pada postingan utama pertama. Disini saya akan membahas tentang Perkembangan IT di Indonesia. Apa ada yang tau tahun berapa pertama kalinya Indonesia mengenal sebuah teknologi? Hayoo? Ada yang tau? Yakk, sekitaran tahun 1970-1972an yang dipelopori oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Well, Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat bersamaan dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, seperti sistem komunikasi dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah. Penggunaan internet di Indonesia pun sudah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari guys, atau yang sering dikenal dengan teknologi berbasis internet (internet based technology).


Diawali dengan peluncuran Satelit Palapa pada 9 Juli 1976 yang memperlancar arus komunikasi dan teknologi. Setelah itu dilanjutkan dengan perkembangan jaringan sellular, yaitu GSM pertama di Indonesia, yaitu sebuah komunikasi bergerak yang tergolong dalam generasi kedua.

Kemudian, pada tanggal 4 Maret 1993 Indonesia secara resmi terhubung dengan internet menggunakan protocol TCP/IP dengan domain .id dan mulai diakui keberadaannya di dunia internet nihh guyss.. wuhh!

Selama bertahun-tahun, anak bangsa terus menggali terus membuat perubahan terhadap teknologi informasi untuk Indonesia. Setiap tahunnya juga selalu ada hal baru dan segar yang dikeluarkan oleh para pribumi hebat ini. Dan hal ini tentunya ditanggapi positif oleh masyarakat, sehingga Indonesia ini terus mengalami peningkatan terhadap perkembangan Teknologi Informasi. Contohnya saja, layanan internet dial up mengalami kenaikan dari 33,6 Kbps menjadi 56 Kbps. Banyak bermunculan perusahaan dotcom dan media-media segmen pendidikan teknologi informasi bermunculan di Indonesia. Dan yang lebih menarik, banyak kegiatan promosi, pameran, seminar, dan konferensi internasional teknologi informasi yang diselenggarakan secara beruntun di Indonesia. Hal-hal ini menjadi magnet untuk memunculkan SDM di Indonesia. Masyarakat yang antusias akan hal ini akan tertarik dan lebih mendalami tentang teknologi informasi ini, sehingga mereka bisa ikut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi di Indonesia.

Awal tahun 2000-an pemerintah Indonesia meluncurkan portal nasional nih guyss, tau apa alamatnya? Yaa kalo gatau ye kebangetan:p hehe iyaaa benerr.. www.indonesia.go.id tepatnya pada tanggal 20 Mei 2002.

Bukan cuma itu aja, masih banyak lagi hal-hal yang meliputi perkembangan IT di Indonesia guys. Misalnya aja, di bidang pendidikan atau bahasa kerennya e-education. Sekarang ini nih yaa, begitu banyak cara mudah untuk belajar. Banyak fasilitas yang dapat kita gunakan. Kalo kurang penjelasan dari guru di kelas? Tinggal buka gugel terus ketik deh keyword yang mau kita cari, dan...Voila! bermunculan banyak sekali penjelasan. Atau bisa juga bagi yang lebih nyambung belajar kalo melihat atau visual. Di yutub juga banyak orang baik berbagi ilmu lewat social network ini. Al-kautsar pun sudah menerapkannya. Siswa/i dipermudah dengan dapat melihat nilai mid semester dengan link yang telah disediakan. Hebat. Ya. Keajaiban teknologi (:

Yakk. Jadi kesimpulannya, Indonesia telah tumbuh menjadi negara yang mampu menciptakan dan ikut serta dalam perkembangan teknologi informasi di dunia. Tak luput dari peran anak bangsa yang selalu bersemangat untuk memunculkan hal-hal baru dalam dunia teknologi. Selanjutnya kita. Ya. Kita harus bisa meneruskan apa yang telah dibuat sebelumnya. Atau mungkin menciptakan lebih dari apa yang telah diciptakan sebelumnya(:

0 komentar:

Posting Komentar

Gaia 10 - Link
Cybercafe 13. Diberdayakan oleh Blogger.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube